Kamis, 06 November 2014

Sebuah Renungan

Merantaulah!

 Kalian pasti sudah tak asing dengan hadits yang bunyinya seperti ini :"Tuntutlah ilmu walau sampai ke negri Cina". Pertama-tama saya ingin meluruskan dahulu. Bahwa kata-kata ini bukanlah hadits yang shahih alias tidak bisa dijadikan hujjah. Jadi, daripada kita menganggap kata-kata tersebut sebagai hadits yang ternyata bukan hadits, lebih baik kita anggap kata-kata ini sebagai motivasi. Maksudnya? Mari kuberitahu.
Kalau kalian pergi pasar Senen atau Jatinegara kalian akan menemukan banyak sekali orang cina -Kebanyakan dari mereka adalah pemilik toko-. Mengapa mereka mau jauh-jauh dari Cina yang ekonominya lebih bagus daripada Indonesia hanya sekedar untuk mengais rezeki? Karena mereka punya prinsip yang kurang lebih bunyinya seperti ini : "Lebih baik menjadi pimpinan walau sekedar toko kecil dibandingkan menjadi karyawan (baca = suruhan) walau di perusahaan besar". Alasan yang kedua adalah mereka mempunyai jiwa rantau yang tinggi.
          Jika kalian mau memperhatikan sekitar kalian, kalian pasti akan menemukan fakta yang cukup unik. Yaitu, orang jawa layaknya orang cina. Kedua etnis ini sama-sama memiliki jiwa rantau yang tinggi. Mereka lebih memilih merantau daripada jago kandang. Oh iya, ibuku pernah mengatakan : "Kebanyakan orang sunda itu jago kandang". Artinya kebanyakan orang sunda lebih memilih terbalik daripada dua etnis di atas. Penulis bukan ingin mencela etnis sunda, justru saya ingin mengajak dan memotivasi teman-teman penulis yang kebanyakan beretnis sunda agar jangan terus-menerus mendiamkan fakta bahwa orang sunda kebanyakan jago kandang.
         Akhir kata. Penulis ingin memberikan dorongan. Merantaulah, maka akan sangat banyak pelajaran yang akan kau dapatkan. Jika kalian hanya berdiam di tempat yang sama, kau akan tertinggal oleh mereka yang beretnis Jawa dan Cina. Rubahlah fakta bahwa kebanyakan orang sunda jago kandang.
         Terimakasih atas waktu yang telah kalian luangkan untuk membaca artikel singkat ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;