Rabu, 25 Juni 2014

Sebuah Hasil Analisis

Ucapan Selamat dan Do’a Yang Kurang Tepat
Setiap tahunnya, setiap insan yang masih merasakan sejuknya udara segar di pagi hari, merayakan hari kelahirannya. Biasa kita sebut Hari Ulang Tahun. Rumah disulap menjadi suasana yang meriah. Orangtua, teman-teman, saudara, semuanya berkumpul untuk merayakan dan merasakan kebahagian di hari yang sangat membahagiakan bagi kedua orangtua kita.

Satu-persatu yang datang memberikan hadiah dan ucapan-ucapan selamat dan tak lupa do'a-do'a. Semuanya tampak bahagia dan tampak normal-normal saja. Hanya sedikit yang memperhatikan bahwa ada sebuah ganjalan yang cukup kentara bagi seseorang yang biasa memperhatikan. Kau tahu apakah itu? Ucapan! Tapi apa yang aneh dari ucapan? Bukankah tak salah bahkan bagus mengucapkan ucapan selamat “Ulang Tahun” dan mendo’akan? Betul sekali! Tak ada salahnya! Tapi akan salah besar jika kata-kata ucapan dan do’a tersebut justru berbanding terbalik dari fakta yang ada..
          Baiklah, rasanya tak  perlu berbelit-berbelit lagi. Semoga saja tulisan ini membuka mata pembacanya agar lebih memperhatikan ketika memberikan ucapan selamat juga do’a.
       Begini, fakta yang ada adalah bahwa manusia diberi jatah hidup yang telah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Tak bisa berkurang apalagi bertambah. Berarti jatah umur kita semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Semisal begini, seorang diberi waktu untuk menikmati hidup di dunia selama 65 tahun. Ketika hari di mana ia lahir dari perut ibunya, hari itu adalah pertama ia mengambil jatah hidupnya yang telah diberikan, jadi sisa umurnya 65 tahun kurang satu hari. Begitulah seterusnya.
       Nah, satu hal yang aneh adalah bahwa banyak orang mendo’akan kawannya ketika berulang tahun dengan do’a “Semoga panjang umur yaa..” Aneh bukan?? Pertama bahwa faktanya justru umur manusia berkurang. Dan yang kedua adalah bahwa umur kita tak mungkin bertambah.

        Akan lebih baik jika mendo’akan dengan do’a “Semoga makin diberkahi umurnya yaa..” Artinya, dengan umur yang terus berkurang dan tak mungkin bertambah, semoga saja dihabiskan dengan hal-hal yang bermanfa’at yang kita harap akan memberi berkah dalam hidupnya. Akan lebih baik jika di hari ulang tahun kita gunakan untuk menginstropeksi diri daripada menghambur uang untuk hal yang kurang memberikan manfa’at.


My bedroom. Wed, 25 Juny 2014.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

cukup bagus. lebih sering lagi posting artikelnya..

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

 
;